Sabtu, 23 Februari 2013

PENYEBAB MODEM SMARTFREN CEPAT PANAS DAN CARA MENGATASINYA

Pasti diantara temen-temen semua ada yang mengalami masalah seperti yang saya alami ini, yaitu kenapa modem smartfren cepet panes, dan panesnya seperti tidak normal, tidak seperti modem gsm punya temen ato punya kita. ya sekarang saya akan sedikit memberikan informasi mengenai pertanyaan ini.
Sebelum saya menggunakan modem CDMA saya sudah terlebih dahulu menggunakan modem GSM, tapi karena kepincut  ma iklan anti lelet saya jadi tertarik untuk mencoba modem smartfren ini. awalnya saya tidak terlalu memperhatikan panas atau tidaknya modem ini ketika digunakan, hingga suatu saat saya iseng meraba modem smartfren iti saat lagi download film, eh buset kok panes sekali ya,,, saya langsung stop tu downloadan film takutnya modem ne bakalan rusak, soalnya saat mendownload menggunakan modem GSM gak sampe segitu panesnya. hmmm setelah saya tanya sana-sini dan googling juga akhirnya nemu penjelasan kenapa modem CDMA cepet panes n panesnya gak kayak panes modem GSM.
Beberapa faktor yang mempengaruhi cepat panasnya sebuah modem CDMA adalah :
1. sistem yang digunakan antara modem CDMA dengan modem GSM berbeda, dima pada modem CDMA menggunakan kode kode dalam transmisi datanya yang menyebabkan saat pengolahan data memerlukan daya yang lebih besar dari modem GSM yang dimana hal ini menjadi penyebab utama modem CDMA cepat panas.
2. letak BTS provider jauh, ini memaksa modem CDMA menjadi lebih keras berkerja dalam mencari sinyal yang menyebabkan penggunaan daya menjadi besar dan membuat panas modem.
3. kita berada dekat dengan tower provider lain, ini menyebabkan sinyal menjadi terganggu dan membuat modem lebih extra dalam memperoleh sinyal.
Itu diatas beberapa penyebaab modem smartfren menjadi cepat panes., namun kalian jangan hawatir karena modem kalian tidak akan rusak kok dengan panas yang ditimbulkan, karena pabrikan dari modem tersebut sudah mengantisipasi hal ini dengan menggunakan komponen yang lebih tahan terhadap panas berlebih.
Tapi jika kalian tetap kawatir dengan panas berlebih yang ditimbulkan, kita bisa mengatasinya dengan membuatkan pendingin untuk modem smartfren kita.
Berikut adalah cara yang saya gunakan untuk membuat si modem tetep adem:
 siapkan bahan bahan berikut ini:
 
1. kipas komputer bekas yang 5V
2. lem bakar
3. USB female
4. kabel USB sekitar 10cm
5. papan kecil sebagai alas
 
rangkai komponen tersebut hingga menjadi seperti ini
 
nah kalau suda seperti itu dijamin modem smartfren kalian akan adem anyem :)
selamat bereksperimen dan semoga artikel ini dapat membantu 


16 komentar:

Anonim mengatakan...

mantap infonya sob, tapi sayang skarang smart fren udah pake FUP. tapi speednya lumayan untuk yang harian,,
siap2 praktik dirumah :)

dakedo mengatakan...

iya sob, tapi baiknya kecepatan download sebelum FUP habis, jadi naik,, saya download stabil di 90-120 kBps bro. makasi kunjunganya ya sob

Unknown mengatakan...

kog sama ide pemikiran qt brow,,,,tp aq pke pendingin yg bwt amplifier,,jd lebih adem,,,,kkkkkkkk

dakedo mengatakan...

hahahaha bisa aja bro, tapi kelemahan pendingin aluminium, dia cepet nyerap panas, tapi lama melepaskan panas, jadi kao modemnya dipake terus2an atau lama, maka suhu modemnya akan naik lagi,,, kalo cara yang saya share ini sudah saya uji modemnya online 24 jam, suhunya stabil, lebih dingin dari modem GSM :)
makasi kunjunganya ya bro

Agus mengatakan...

TRIK SMARTFREN JADI KENCENG
Ini Merupakan Trik Untuk Menjadi Smartfren Sekenceng F1
http://goo.gl/XaZMH

Ari dakedo mengatakan...

Emang bisa gan?

dandy makibo mengatakan...

pernah ane coba langsung tuh kipasnya agan dakedo,,

kasian modem ane,,, jadi kedinginan,,hahahaha

dakedo mengatakan...

wkwkwkwkwk dariapda kepanasan agan dandy makibo, lebih baik kedinginan,wkwkwkwk

makibo mengatakan...

bener juga yak,,,wakakakak

nitip link dimari paknya ,,haha

Nuzul Romadona mengatakan...

Iyanih..baru beli modem smartfren Rev-B...
Dan emang bener2 gampang panas... ><
Makasih sharing idenya yaa... :D

dakedo mengatakan...

oke gan sama2.. makasih dah berkunjung gan,, senang bisa saling membantu

Fajar Sakti Syahrir mengatakan...

baru hari ini beli modem smartfrenx, dikirain rusak krna pnasx luar biasa,, pas cari tw,, eeh untung ada blog ini,, mkasih y.. :D

dakedo mengatakan...

senang bisa membantu gan, coba aja diakalin dengan membuat kipas pendinginya gan, dijamin kuat dippake OL berhari-hari :)

dakedo mengatakan...

@amanda toethy, saya sih gak ngukur kesanax gan, soale gak tau caranya, hehehe. tapi selama ini gak ada pengaruh apa2, kekuatan sinyal tetap (walaopun menggunakan kipas dan tidak menggunakan), kecepatan download pun sama. kalo menurut logika pas-pasan saya, pengaruh yang di timbulkan oleh medan magnet kipas pendinginya tidak terlalu berpengaruh karena medan magnet dari kipas pendingin sangat lemah. makasi kunjunganya gan :)

Unknown mengatakan...

kalo gw pake kipas nya 2 gan,,atas bawah :v

bali hotel mengatakan...

pake sendok makan/ garpu lebih ekonomis cepat ademnya coba deh

Posting Komentar

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls